Senin, 24 Januari 2011

My Basecamp

Basecamp

Deskripsi Basecamp

Basecamp diibaratkan sebuah rumah kita atau kostan tempat kita berkumpul, berbagi, bercanda, menuangkan ide, yang dimaksudkan untuk menyatukan perbedaan serta menemukan kebahagian dan keindahan dalam sebuah persahabatan yang didasari akan kebersamaan dan kekeluargaan.

Basecamp juga bertujuan untuk menciptakan suasana yang nyaman, tentram, serta mempunyai pola pikir yang berwawasan luas untuk merubah diri menuju masa depan yang cerah, bijak menyikapi hidup dan cerdas mengolah hidup untuk dirinya sendiri.

Basecamp bukanlah tempat yang semata dijadikan tempat untuk bersenang-senang, namun sebuah wadah positif meski hanya dalam sebuah dunia maya karena di dalamnya adalah orang-orang pilihan yang mempunyai karakteristik, kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda, namun mempunyai pemikiran dan hati yang sama, yaitu kekeluargaan.

Basecamp bukanlah hanya di miliki oleh individual, melainkan semua anggota basecamp, karna basecamp di kelola bersama melalui kesepakatan bersama.


Struktur Basecamp :
* Ketua : Chacha
* Konsultan : Daffi
* Koordinator : Puput & Aurel
* Pengelola Basecamp : Dian & Uya
* Pengelola Program : Daffi & Icha
* Pengelola Halaman dan Bloger : Zhiea & Uya
* Pengelola Grub : Echa dan Jessi
Dewan Sidang :
* Dian & Puput

Tugas
1. Ketua dan Konsultan
- Ketua :
Penanggung Jawab dan Pengelola semua hal bersangkutan yang ada di basecamp.
- Konsultan :
Pemberi saran, kritik, usul kepada ketua atas pengelolaan basecamp.

2. Pengelola Basecamp
- Mengelola
Request dan seluruh isi pada dinding
basecamp :
* Tautan Lagu atau Video
* Foto
* Catatan
* Info
* Penerimaan Teman

3. Pengelola Program
- Mengelola seluruh program
* Update status program atau artikel
* Melengkapi kebutuhan program
* Menghandle program saat berlansung
* Update Topik
* Update Bahan Diskusi

4. Pengelola Grub
Mengelola segala sesuatu yang berhubungan dengan grup
* Kesalahan tempat saat update status di grub
* Undangan grup luar
* Informasi penting yang ada di grub

5. Pengelola Halaman dan Bloger
- Mengelola isi Halaman dan Bloger
* Update Status
* Foto
* Tautan lagu dan video
* Mengundang teman
* Promo halaman dan bloger
* Menulis artikel di bloger
* Aplikasi bloger

6. Koordinator
- Mengurusi segala sesuatu yang bersangkutan dengan permasalahan anggota
* Mengurus absensi
* Memberi informasi bila ada kegiatan, rapat ataupun sidang.
* Mengurus permasalahan anggota
* Mengurus daftar calon anggota
* Mengkoordinir semua anggota
* Menyimpan berkas atau file basecamp maupun perubahan file

Dewan sidang :
- Tempat konsultasi permasalahan internal
- Mengurusi anggota yang bermasalah
- Mengurusi sidang


Motto :
Duduk Sama Rendah Berdiri Sama Tinggi Berlandaskan Solidaritas.


Visi dan Misi

Visi :
* Menjalin persahabatan berdasarkan rasa kekeluargaan
* Pintar mengolah segala permasalahan, hidup secara bijak
* Forum bertukar pendapat, informasi, sharing, curhat
* Menemukan keindahan dan kenyaman dalam wadah komunitas
* Menumbuhkan rasa solidaritas
* Forum saling terbuka, mengutarakan semua problem yang kita tidak sukai dari antar anggota dengan terbuka, untuk dimusyawarahkan secara kekeluargaan, agar tidak terjadi kesalah pahaman antar intern.

Misi :
* Menemukan arti persahabatan sejati dan keluarga
* Memahami cinta yang bertanggung jawab
* Pembelajaran diri supaya berwawasan luas dan inner beauty
* Pandai memahami dan mengontrol emosi jiwa


Program

1. Diskusi Artikel

Salah satu kegiatan seperti talk show yang membahas tentang sebuah artikel untuk didiskusikan secara bersama-sama, baik permasalahan hidup, cinta, sahabat, ilmu pengetahuan, dsb.. diskusi artikel ini di peruntukkan kepada siapa saja yang mau memberikan sebuah gambaran atau pemikiran untuk di diskusikan secara bersama-sama, kemudian nantinya di buat menjadi sebuah artikel untuk di bahas lebih lanjut.

Diskusi artikel ini dimaksudkan atau bertujuan untuk setiap kita bisa memaknai sebuah kehidupan demi masa depan yang cerah atau pemikiran yang maju.

keterangan :

* sharing <tanya jawab>

Setelah artikel di bagikan, nantinya kita di beri waktu untuk membaca & memahami kemudian lanjut ke dalam pokok pembahasan yang akan di berikan oleh pembuat artikel tersebut, setelah itu dipersilahkan bertanya sesuatu yang belum paham dari artikel tersebut untuk dijawab oleh pembuat artikel, secara bergantian hingga tak ada lagi isi artikel yang di pertanyakan.

Selain itu saat tanya jawab artikel di harap untuk menyimak & mencatat kekurangan dari isi artikel tersebut.

* saran & kritik

Setelah tanya jawab selesai, kesempatan untuk kita yang hendak menambahkan atau mengurangi, maupun memberikan saran dan kritiknya atas kekurangan isi artikel tersebut untuk di pahami oleh si penulis artikel tersebut dan memberikan komentarnya untuk dijawab oleh pemberi saran dan kritik.

* kesimpulan

Setelah semuanya selesai, barulah si penulis artikel maupun yang lain memberikan sebuah kesimpulan akan artikel tersebut.

2. Curhat

Dalam hal ini curhat di bagi menjadi dua versi, curhat mingguan dan curhat setiap waktu, hal ini di uraikan sebagai berikut :

- curhat setiap waktu :

Saat kita ada sebuah masalah baik keluarga, teman ataupun pacar, kita bisa curhat kepada siapa saja di grub yang telah di sediakan, dimana nantinya kita tinggal menulis apa yang hendak kita curhatkan untuk meminta pendapat dan sharing kepada semua teman. Memberikan kode "curhat" hal ini bersifat tidak pasti, karena siapapun boleh menjawabanya atau tidak menjawab curhatan kita.

contoh :

"curhat"

all : cha lagi ada masalah nih, gimana sich caranya biar cha gak bertengkar terus sama pacar cha?

itu contoh curhat yang bisa kita curhatkan kapan saja.

- curhat mingguan

Sebelum acara curhat di adakan, setiap kita memberikan sebuah pernyataan tertulis, yang nantinya di lakukan voting bersama untuk rating paling tertinggi, dimana nantinya setiap pernyataan yang mendapat rating tertinggi, di jadikan pokok bahasan untuk di bahas secara bersama - sama, dalam forum curhat yang nantinya di tunjuk sebelumnya salah satu orang sebagai konsultannya.

Setelah itu, konsultan memberikan jawaban seputar curhat tersebut sebagai bahan pembahasan.

- sharing [tanya jawab]

Setiap kita diberikan kesempatan secara bergantian untuk bertanya seputar pernyataan dari konsultan, yang nantinya dijawab kembali oleh konsultan.

- saran dan kritik

Setiap kita boleh memberikan saran dan kritik kepada yang terkait, baik konsultan, maupun yang mempunyai bahan curhat dengan memberikan kode "saran untuk ..."

contoh :

Uya : saran u/ icha [nama konsultan]

Cinta tak selalu indah, cinta yang indah adalah cinta yang mampu kita untuk mengelolanya.

Ini contoh format penulisan saran / kritik, untuk di bahas hingga mencapai kata mufakat.

- kesimpulan

Setelah itu setiap kita diperbolehkan mengungkapkan isi hati, maupun kesimpulan dari curhat yang sudah di selesaikan.

3. Hot North

Hal ini bersifat tidak wajib, siapa pun boleh membahas masalah sex disini secara gamblang maupun privasi.

Namun dalam hal ini, tidak diperkenankan untuk terlalu larut dalam sebuah sex, atau hanya ingin membahas soal sex secara terus menerus. Hort North di tujukan hanya sekali dalam seminggu untuk kita bersenang-senang, di luar hari setelah hot north itu selesai, maka hot north tidak berlaku kembali, hot north bertujuan menemukan variasi atau sebuah permasalahan seputar sex ataupun membahagiakan pasangan.

Hot north di maksudkan untuk berbagi pengalaman atau bertukar pendapat tentang sex, namun dalam ini masih tergolong positif atau biasa disebut seks yang sehat..

note : dilarang terbuai, hingga keblabasan, hehe..

Cara menjalankan progam ini sama halnya dengan keterangan curhat mingguan, dimana ada konsultannya juga.

4. Bebas & Terbuka

Dalam program ini kita di berikan kesempatan untuk membuka isi hati yang selama ini terpendam, yang mempunyai masalah antar sesama teman basecamp, guratan hati, maupun hal yang tidak kita sukai antar sesama teman basecamp, hal ini bertujuan untuk saling mengenal satu sama lain, membuka pikiran dan hati, intropeksi kekurangan dalam diri kita, makin mempererat hubungan antar sesama teman basecamp, tidak terjadi sebuah salah paham antar sesama teman, maupun dendam.

Bukalah mata hati dan pikiran menatap dunia agar kita menjadi orang yg cerdas & bijak mengolah hidup dalam hal ini kita diberikan kebebasan untuk mengungkap semua permasalahan yang terpendam dengan bebas, terbuka, semua di ungkap secara gamblang untuk di musyawarahkan atau di berikan sebuah solusi, hingga mencapai damai bersama, dan maju bersama dengan saling menguatkan, mengingatkan, menyatukan untuk hidup yang lebih bersifat positif dan bijak.

Cara program ini sama halnya dengan program-progam sebelumnya, dimana nantinya di tunjuk seorang konsultan tuk mengatasi semua masalah yang ada, tetap tenang dalam menghadapi sebuah masalah, atau mengontrol emosi dan keadaan.

Dalam hal ini terbagi menjadi dua, dimana kita seharian boleh mengungkapkan semua permasalahan ke pada siapapun yang bersangkutan dan pada malam harinya, diadakan pembahasan yang disajikan oleh konsultan untuk menyimpulkan saran, solusi, titik akhir dari semua masalah yang ada.

Note :

Program ini menguras emosi, hati dan pikiran, mempunyai sebuah tantangan, karena dalam forum bebas ini kita di berikan bebas mengungkapkan problem hati entah melalui celaan, hina, sindiran, dan sebagainya. Namun apapun yang terjadi kita tidak boleh membenci, dengki, sok dan sebagainya karena program ini adalah program yang benar-benar nyata seperti semua kehidupan yang ada di dunia, yang pastinya untuk kita pelajari secara bersama-sama, dan kita sikapi secara bijak, tenang berdasarkan atas kekeluargaan, hati yang bersih, dan kemajuan dalam diri kita sendiri baik pikiran maupun hati, yg terangkum dalam moto basecamp, duduk sama rendah, berdiri sama tinggi, maju untuk masa depan kita sendiri.


Keterangan :

- Program
1. Diskusi artikel
Urutannya
* artikel di terbitkan
* sharing (tanya jawab) : pembaca membaca dan memahami isi artikel lalu mempertanyakan kepada menjawab.
* kritik saran : pembaca memberikan kritikan maupun saran, penulis bertanya atau mengesahkan.
* kesimpulan : membuat kesimpulan bersama.

2a. curhat kapan saja
* dilakukan setiap saat, selagi ada masalah, semua bebas curhat dan memberikan saran 24 jam nonstop.

2b. curhat mingguan :
* semua menuliskan bahan untuk dicurhatkan.
* voting

mengambil suara terbanyak dan memilih satu dari smua usul untuk topik diskusi.
* menunjuk 1 konsultan
* konsultan memberikan argumennya
* sharing (tanya jawab), kritik dan saran, kesimpulan : keterangan sama dengan diskusi artikel.

3. hot north :
* topik konsultasi masalah seks.
* point semua keterangan sama dengan curhat mingguan.

4a. bebas terbuka :
* semua bebas tanpa batasan mengungkapkan karakter, sifat, hal yang tidak disukai antar anggota.
* didiskusikan secara tenang, santai, tanpa emosi, tanpa salah paham, buat intropeksi & pengenalan secara individu.
* smua anggota berhak berikan pendapat, usul, masukan, pengertian, mendamaikan, menenangkan, menyatukan yang bersangkutan.
* mencapai kata damai bersama dengan kasih sayang dan bersatu kembali tanpa benci, atau dendam.

Ket : forum bebas ini, forum orang dewasa, agar pintar dan bijak mengolah hidup, dengan membuka hati dan pikiran untuk menerima apa yang ada.

4b. sidang :
* sidang darurat bila terjadi salah paham untuk mendamaikan yang bermasalah
* sharing, kritik dan saran, kesimpulan sama dengan keterangan sebelumnya
* memulai semuanya dari nol, kembali memulai kehidupan yang baru, bersatu kembali, bercanda, tertawa dan menjadi satu keluarga lagi.

ket : fb ini khusus orang yang ingin belajar tentang kehidupan secara luas dan bisa memaknai kehidupan.


Jadwal Program

Program Mingguan
* Curhat pada hari Kamis
* Hot North pada hari Jum'at
* Artikel pada hari Sabtu
* Bebas Terbuka pada hari Minggu

Keterangan:
Dilaksanakan setiap Jam 20.00 wib atau Jam 08 Malam

Progam 24 Jam :
* Ladies Cafe
* Curhat
* Bebas Terbuka
* Sahabat Kongkow

Keterangan :
Kapan saja bisa dilakukan


Fasilitas Basecamp :

1. Info : semua hal tentang basecamp.

2. Dinding : diibaratkan sebuah ruang tamu, dimana dlm ruang tamu tersebut adalah tempat kita mendengarkan lagu, menonton film, berkumpul, dan sebagainya. Isi pada dinding : tautan film dan lagu, satu status untuk bersama {bisa dirubah}

3. Catatan : kreatifitas, puisi, cerita ungkapan hati, gambaran, diary, masing-masing anggota.

4. Album Foto di bagi menjadi 2 :

- album foto pribadi : di gunakan sebagai koleksi foto-foto pribadi, disimpan pada kamar pribadi, tanpa foto porno.

- album bersama : koleksi foto apapun boleh di masukan disini, kecuali gambar porno, dimana dalam album foto bersama, di gunakan sebagai hiasan rumah kita.

5. Game : bila ingin bermain game dan aplikasi.

6. Halaman : diibaratkan sebuah halaman rumah, atau dunia luar dimana dalam halaman ini kita bisa melihat jendela dunia, bertemu dengan orang-orang luar anggota kita. Apapun boleh kita masukan di halaman tersebut, lagu dan sebagainya bebas untuk mempublikasikan yang patut kita publikasikan. [foto, video, lagu, status, catatan, diskusi, dsb].

7. Blog : bloger adalah sebagai wadah kita mencari segala sesuatu dunia luar yg secara luas, siapapun boleh berekspresi mencari berita, memasukkan berita, atau apapun yang ada ingin kita lakukan sesuka hati.

Note :
email : kita.basecamp@blogspot.com

pasword : "sama seperti pasword basecamp".

8. Grub terbagi menjadi 5 :

- Ladies Cafe : digunakan sebagai tempat ngobrol, ngumpul, bebas ekspresi juga termasuk gambar hot, bercanda, dan sebagainya juga termasuk satu program "Hot North" dibahas di Ladies dan Utara.

- Curhat dan Artikel : dua program "Diskusi Curhat dan Artikel" dibahas dan dirangkum disini, semata biar kita mudah untuk mempelajari atau membuka kembali, karena tidak tercampur hal yang lain.

- Sidang dan Bebas Terbuka : dua program " Sidang " dan " Bebas Terbuka ", semua hal ganjalan hati, permasalahan antar anggota ataupun hal yang kita tidak sukai antar intern semua diungkapkan disini, agar tidak terjadi kesalahpahaman. Juga termasuk para anggota yang bermasalah maupun masalah antar anggota yang sulit dipecahkan, dilakukan sidang di grub ini.

- Sahabat Kongkow : bagi yang mempunyai sahabat di luar anggota kongkow, di masukkan di grub ini, sahabat disini sahabat bersifat positif, baik, care, bisa di ajak sharing dan lain sebagainya.

- Kritik dan Saran : grub ini dikhususkan untuk mengkritik ataupun memberi saran akan sifat, sistem kerja ketua maupun sistem kerja semua dalam pengelolaan basecamp.

Note :
Semua grub dispesifikasikan agar mempermudah kita untuk mempelajari atau membuka kembali untuk di pahami, tanpa tercampur dengan bahasan lain.


Peraturan Basecamp :

1 Melakukan absensi kehadiran.

2 Bila ada masalah interen, langsung diungkapkan sehingga bisa dicari penyelesaian bersama.

3 Tidak di perbolehkan membuat Dua Akunt dalam grup terkecuali anggota sudah saling mengetahui .

4 Update status di basecamp, di beri nama

5 Apabila tidak memberi nama saat up date status di basecamp kena hukuman

6 Tidak boleh berkata kasar sesama anggota apabila terjadi pertengkaran secara tiba-tiba.

7 Yang bekerja bisa mengikuti rapat diatas jam 8 .

8 Apabila saat rapat berlangsung ada yangg emosi, dengan kesadaran sendiri mundur dari rapat.

9 Hukuman untuk yang tidak mencantumkan nama saat up date status, harus menulis “ aku bodoh sekali” sebanyak 15x ,diupdate statusnya.

10 Apabila tidak bisa mengikuti rapat , anggota segera menginformasikan keadmint.

11 Harus saling terbuka tentang apa yang tidak disuka dari masing - masing anggota.

12 Jadwal Piket mengurus basecamp

13 Dalam mengikuti setiap program harus melakukan absensi

14 Tidak boleh cepat tersinggung

15 Mengutamakan persahabatan

16 Melakukan panggilan mesra diperbolehkan ke semua anggota sebagai support

17 Tidak diperbolehkan berprasangka buruk antar anggota

18 Lebih mengutamakan persahabatan dari pada peraturan

19 Semua pelaksanaan Program Mingguan dilaksanakan setiap
jam 8 malam.

20 Absensi dalam pelaksanaan program mulai dilakukan jam setengah 8 malam.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar